Uncategorized

BIJAK BERMEDIA SOSIAL

BIJAK BERMEDIA SOSIAL


APA SIH MEDIA SOSIAL ITU ? Media sosial (sering disalahtuliskan sebagai sosial media) adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan berbagai konten tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  • DAMPAK POSITIF
    1.Memudahkan komunikasi.
    2.Memudahkan mencari informasi.
    3.Sarana berbisnis.
    4.Sarana hiburan.
    5.Sarana pembelajaran.
    *DAMPAK NEGATIF
    1.Mengganggu kesehatan mental.
    2.Kecemburuan sosial.
    3.Harga diri dan pencari perhatian.
    4.Pornografi.
    5.Persebaran informasi palsu.

TIPS BIJAK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
1.Jangan Asal Posting Konten
Sadari betul bahwa akun medsos kamu bisa dilihat secara publik, termasuk semua postingan di dalamnya. Oleh karena itu, kamu harus lebih bijak dalam memilih konten-konten sebelum diunggah di media sosial.
2.Jangan Detail Mencantumkan Informasi
Di era digital yang semakin canggih, semakin canggih pula kejahatan siber. Dalam akun media sosial, jangan pernah mencantumkan informasi pribadi yang detailkarena kita tidak pernah tahu ancaman-ancaman apa yang sedang mengintai. Protect your privacy!
3.Jaga Etika
Jaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati.
4.Selalu Waspada dan Jangan Langsung Percaya
Kamu harus mawas diri dalam menyaring informasi-informasi yang tersebar. Waspadai pula pengguna-pengguna tak dikenal yang tiba-tiba mengirim pesan tanpa maksud dan tujuan yang jelas untuk mencegah terjadinya penipuan atau hal-hal lain yang tak diinginkan.
5.Filter Akun-akun yang Diikuti
Seiring perkembangannya, media sosial ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Kita acapkali ‘silau’ dengan kehidupan orang lain yang kita lihat di medsos, dan membandingkannya dengan kehidupan kita.Untuk Mengatasi hal itu, ikutilah akun-akun bermanfaat, menghibur, atau kredibel yang justru bisa menambah wawasanmu. Jauhi akun-akun yang sekiranya toxic dan tidak memiliki kegunaan apapun.

Soo,kita harus pandai menggunakan media sosial dengan bijak yaa ✨

Leave a Reply

Your email address will not be published.

MAHATMA DHARMA PKKMB 2021

October 1, 2021

Perangi Illegal Logging

April 9, 2022